Definition List

header ads

Ganjar Dorong Anak Muda Daftarkan Hak Kekayaan Intelektual!


 

Bakal calon presiden (Bacapres) PDIP Ganjar Pranowo menyuarakan pentingnya mendaftarkan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) kepada gen Z, milenial, dan influencer di Sumatera Utara. Hal ini menjadi wujud perhatiannya terhadap pengembangan kreativitas dan inovasi generasi muda Indonesia.

Ganjar mengaku yakin generasi muda memiliki potensi besar untuk menciptakan karya-karya inovatif yang dapat memberikan kontribusi signifikan bagi kemajuan Indonesia, khususnya di wilayah Sumut. Namun, sering kali mereka belum menyadari pentingnya melindungi Kekayaan Intelektual Nasional.

"Sangat, sangat penting. Maka tadi kawan-kawan konten kreator, mereka punya satu produk, desainer, ada yang menciptakan lagu, maka mesti ada kesadaran terhadap hak atas kekayaan intelektual. Daftarkan, karena itu gampang, dan tidak mahal," kata Ganjar dalam keterangannya, Senin (12/6/2023).

Adapun hal ini disampaikannya saat hangout bersama gen Z, milenial, dan influencer Sumut di Warung Kudeta Mutiara Palace, Jl. Selamat Ketaren, Kabupaten Deli Serdang pada Minggu (11/6).

Ia menambahkan pentingnya mendaftarkan hak kekayaan intelektual, seperti hak cipta, paten, dan merek dagang. Sebab hal ini dapat melindungi karya-karya original generasi muda.

Dengan mendaftarkan hak kekayaan intelektual, katanya, generasi muda akan memiliki keuntungan yang lebih besar dalam mengembangkan dan memonetisasi karya-karya mereka. Selain itu, langkah ini juga akan mendorong tumbuhnya ekosistem inovasi yang sehat di Sumut.

"Hari ini bisa bertemu dengan anak-anak muda, yang mereka ternyata berpikirnya sangat kreatif sekali, sebagian di antaranya ternyata mereka berpikirnya sangat baru, mereka tidak suka kerja yang konvensional, mereka suka yang menerobos, mereka menggunakan kreativitas dan inovasinya," tutur Gubernur Jawa Tengah dua periode tersebut.

Untuk diketahui, dalam kunjungannya Ganjar didampingi politisi senior PDIP sekaligus Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) RI, Yasonna Laoly. Keduanya berinteraksi dengan anak muda dan mendengarkan sejumlah kendala terkait pembuatan Hak Kekayaan Intelektual.

Ganjar mengungkapkan Yasonna langsung memberi solusi atas masalah tersebut. Menurutnya, hal ini membuktikan pemerintah selalu cepat dan tepat dalam menyelesaikan setiap masalah yang dihadapi masyarakatnya, termasuk kendala anak muda Sumut dalam mendaftarkan hak kekayaan intelektualnya.

"Tadi (pas acara) Pak Yasonna, (minta) cek langsung dong. Maka anak (muda) itu ketiban rezeki, urusannya diurus langsung oleh menterinya," pungkasnya.

Posting Komentar

0 Komentar