Definition List

header ads

Peduli Warganya! Lagi Ibadah Haji, Ganjar Pranowo Sempat-Sempatnya Kepikiran Tugas sebagai Gubernur, Bahas Isu Siaga Kekeringan di Jawa Tengah!


 

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang telah ditunjuk menjadi bakal capres PDI-P, kini tengah menunaikan ibadah haji bersama sang istri, Siti Atiqoh Supriyanti, serta Puan Maharani. Selama di Tanah Suci Mekkah, Ganjar Pranowo sempat menemui bakal capres Koalisi Perubahan, Anies Baswedan.

Keakraban Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan selama ibadah haji, salah satunya terlihat di akun Instagram Kepala Bappenas Suharso Monoarfa. Tampak ekspresi khas Ganjar yang penuh keceriaan serta Anies Baswedan yang tersenyum menghiasi potret berisi momen pertemuan itu.

Namun di tengah ibadah haji, Ganjar Pranowo rupanya sempat-sempatnya kepikiran dengan tugasnya sebagai Gubernur Jawa Tengah. Hal itu terlihat dalam sebuah unggahan di media sosialnya, akun Instagram @ganjar_pranowo.

Dalam unggahan tersebut, Ganjar Pranowo tampak menyampaikan seputar isu kekeringan di Jawa Tengah yang disebabkan oleh El Nino. Ganjar juga menyampaikan bahwa dirinya dan jajaran Pemerintah Kabupaten maupun Kota di Jawa Tengah sudah melakukan koordinasi dalam rangka menghadapi wabah kekeringan ini.

Dalam keterangan unggahannya itu, Ganjar Pranowo menyebut bahwa siaga kekeringan sudah berjalan hingga akhir bulan ini. Ia juga menginformasikan prakiraan waktu puncak kekeringan di Jawa Tengah lalu membeberkan langkah yang dilakukan pihaknya agar masyarakat tak terkena dampaknya.

"Saat ini, mayoritas daerah di Jateng berstatus siaga kekeringan, mulai dari 20-30 Juni 2023. Fenomena ini disebabkan oleh El Nino yang diperkirakan mencapai puncak pada November-Desember dan Indian Ocean Dipole (IOD) yang berlangsung sampai Oktober," tulisnya, Selasa (27/6/2023).

"Setelah berkoordinasi dengan seluruh jajaran termasuk Pemkab dan Pemkot, kami membentuk beberapa skema mitigasi seperti menyiapkan stok pangan lokal, optimalisasi dana desa, serta pemanfaatan sumur gali," lanjutnya.

Posting Komentar

0 Komentar