Definition List

header ads

Demi Kenyamanan! Ganjar Sigap Tangani Perbaikan Jalan di Demak Untuk Lebih Cepat


Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau perbaikan jalan rusak di Dempel, Kabupaten Demak, Selasa (14/3). Jalan yang mengalami kerusakan parah itu merupakan jalur penghubung antara Kabupaten Demak dengan Kabupaten Grobogan. Proses perbaikan jalan tersebut berjalan dengan lebih cepat berkat sistem e-catalog.

"Kami mulai perbaikannya, dan ini polanya jauh lebih cepat. Ini dengan e-catalog. Tadi pemberi jasanya juga baru pertama. Jadi e-catalog itu cepat banget. Begitu mereka ngeklik, beres, kontrak, tidak ada tiga hari bisa langsung kerja," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (15/3/2023).

Ganjar menilai kehadiran e-catalog membuat proses perbaikan jalan berjalan lebih cepat, sehingga setiap komplain dari masyarakat yang masuk dapat direspons dan segera diperbaiki. Sebab jika melalui lelang proyek, bisa memakan waktu yang cukup lama hingga pekerjaan dimulai.

"Sebenarnya ini cara yang kami coba pakai agar bisa lebih cepat. Nah, kalau proses di kami cepat, tidak bertele-tele, maka dia bisa mengerjakan cepat. Kami bisa kejar-kejaran dengan komplain penduduk, komplain warga yang jalannya rusak, dan sebagainya," terangnya.

Kendati demikian, Ganjar menyebut e-catalog saat ini masih memiliki kemampuan yang cukup terbatas untuk merespons semua laporan jalan rusak yang masuk. Karenanya, proses perbaikan dilakukan secara selektif dengan memilih titik dengan kerusakan paling parah terlebih dahulu.

"Tentu kami terbatas, maka itu kami kerjakan yang memang cukup parah. Ini satu kilometer. Spot-spot kami bereskan, ini nanti malam sudah bisa langsung selesai, dan kami tunggu pengeringan, maka jalan," imbuhnya.

Ganjar pun menegaskan perbaikan jalan rusak merupakan salah satu agenda prioritas. Ia mengatakan dari persentase jumlah aduan yang masuk, laporan jalan rusak adalah yang paling tinggi. Apalagi, kondisi intensitas hujan yang masih tinggi membuat jumlah kerusakan jalan semakin bertambah banyak.

Selama meninjau lokasi perbaikan jalan di Dempel, Ganjar sempat berdialog dengan para pekerja. Ia pun menyaksikan sejumlah truk muatan besar melintas beriringan di jalan tersebut. Ganjar berharap para pemilik angkutan barang dan supir truk dapat ikut merawat jalan dengan tidak membawa beban berlebihan.


Posting Komentar

0 Komentar