Definition List

header ads

Ganjar Pranowo Satu-Satunya Capres yang Mampu Memikat Pemilih Kritis!


 

LEMBAGA survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil jajak pendapat terbaru dan menampilkan elektabiliats Ganjar Pranowo melampaui Prabowo Subianto dan Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden pada Pemilu 2024, pada kelompok pemilih kritis."Ganjar dan Prabowo bersaing ketat memperebutkan urutan teratas, sementara Anies di urutan ketiga dengan selisih suara signifikan dengan Prabowo dan Ganjar," kata Direktur Riset SMRC Deni Irvani seperti dilansir dari Antara, Senin (29/5).

Dia menjelaskan hasil survei dimana, Ganjar naik dari 31,1% menjadi 35,9% pada periode yang sama, Prabowo, naik dari 29,7% menjadi 32,8%. Sementara, dalam lima bulan terakhir, suara Anies merosot dari 29,7% di survei Desember 2022 menjadi 20,1% pada survei terakhir 23-24 Mei 2023.

"Masih ada 11,3% yang belum menjawab," ujarnya.Deni menjelaskan bahwa pemilih kritis adalah pemilih yang punya akses ke sumber-sumber informasi sosial-politik secara lebih baik, karena mereka memiliki telepon atau ponsel pintar. Sehingga bisa mengakses internet untuk mengetahui dan bersikap terhadap berita-berita sosial-politik.Mereka umumnya adalah pemilih kelas menengah bawah ke kelas atas, lebih berpendidikan, dan cenderung tinggal di perkotaan. Mereka juga cenderung lebih bisa memengaruhi opini kelompok pemilih di bawahnya. Total pemilih kritis ini secara nasional diperkirakan 80%.

SMRC menggelar pada 23-24 Mei. Pemilihan sampel dalam survei ini dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD) atau teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak.Dengan teknik RDD, sampel sebanyak 915 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak. Margin of error survei diperkirakan ±3,3% pada tingkat kepercayaan 95%, asumsi simple random sampling. Wawancara dengan responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang dilatih. (Z-6)

 

Posting Komentar

0 Komentar