Definition List

header ads

Ganjar Libatkan BUMDes Permudah Warga Bayar Pajak Kendaraan


Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo meluncurkan layanan Samsat Budiman untuk mempermudah pembayaran pajak kendaraan bermotor. Khususnya bagi masyarakat yang ada di desa.

Samsat Budiman atau Badan Usaha Digital Mandiri ini merupakan layanan online berbasis website, yang digagas Pemerintah Provinsi Jateng, dengan mengoptimalkan keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Melalui layanan yang dikelola BUMDes ini, masyarakat yang hendak membayar pajak tidak perlu datang ke kantor samsat yang berjarak jauh. Mereka cukup datang ke gerai Samsat Budiman di Kantor BUMDes. Selain itu, jam buka gerai pun lebih fleksibel yakni dari pagi hingga malam hari, sehingga sangat membantu masyarakat dalam membayar pajak.

Ganjar berharap kehadiran Samsat Budiman bisa meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak.

"Ini cara baru sehingga target pendapatannya tercapai, mereka merasa teringankan. Terima kasih banyak desa yang sangat kreatif kemudian mereka punya BUMDes yang bagus, lalu coba kita kerjasamakan sebagai sebuah kekuatan untuk sumber daya yang sampai di ujung-ujung," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (19/6/2023).

Di sisi lain dia mengaku senang BUMDes yang jadi mitra Samsat Budiman juga berinovasi untuk mempermudah para wajib pajak. Salah satunya memberikan dana talangan kepada pembayar pajak yang sudah jatuh tempo, tapi tidak memiliki cukup uang. Dana talangan itu kemudian dicicil oleh wajib pajak.

"Rata-rata cicilannya mereka cicil satu bulan lunas. Ini menurut saya kreatif banget," ujarnya.

Selain meningkatkan pendapatan daerah, diharapkan kesadaran masyarakat membayar pajak ikut meningkat. Apalagi berdasarkan data dari Bapenda saat ini terdapat 7.329 BUMDes tersebar di Jawa Tengah yang potensial untuk ikut berpartisipasi dalam program ini.

"Sehingga target-target pendapatan kita jauh lebih baik sehingga nanti bisa kita berikan kembali kepada masyarakat untuk pembangunan yang lebih cepat, lebih merata dan coverage-nya jauh lebih banyak lagi," tuturnya.

Lebih lanjut, Ganjar juga mengingatkan seluruh pejabat yang terlibat dalam bidang ini, khususnya di pelayanan agar tidak mempersulit para wajib pajak.

"Saya titip pada semuanya, terutama soal KTP. Ini masyarakat mau bayar pajak lho, jangan dipersulit," katanya.

Pada kesempatan itu, Ganjar pun menyempatkan untuk berdialog dengan pengelola BUMDes di Desa Sikanco, Kabupaten Cilacap. Diketahui BUMDes ini merupakan salah satu mitra terbaik, dan sudah melayani pembayaran pajak sejak 15 November 2022 lalu.

"Apa pak komplain yang biasanya diterima dari masyarakat?," katanya.

"Komplainnya terkadang dari WP (wajib pajak) lama menunggu, jadi mungkin jaringan, komplain lain ga punya uang tapi mau (bayar) pajak. Dari Samsat Budiman memberikan dana talangan," kata pengelola BUMDes Sikanco, Kusnadi.

Posting Komentar

0 Komentar