Definition List

header ads

Kelas! Ganjar Jadi The Best Governor 2023 Versi Infobank dan The Asian Post!


Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dinobatkan sebagai salah satu dari enam gubernur terbaik atau The Best Governor 2023 di Indonesia versi Infobank dan The Asian Post. Penghargaan ini diberikan usai Ganjar dinilai berhasil mencipatkan Good Corporate Governance (GCG) di Jateng. 

Ganjar Pranowo memeroleh penghargaan The Best Governor 2023 in Leading Sustainability, GCG, & Profesionalism for BPD. Penghargaan itu diberikan langsung kepada Ganjar di Hotel Royal Ambarrukmo, Yogyakarta, Kamis (11/5/2023).

Dalam kesempatan ini, Ganjar mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berjuang bersama dalam menciptakan GCG itu dapat berjalan denhan baik. Sehingga kemudian Bank Pembangunan Daerah (BPD) di wilayahnya semakin bermanfaat buat rakyat.

"Saya menyampaikan terima kasih tentunya seiring kerja keras kawan-kawan ya. Bagaimana CGC bisa dilakukan, bagaimana inovasi dan kreasi bisa dilakukan. Sehingga BPD makin manfaat buat rakyat," ujar Ganjar ditemui usai menerima penghargaan, Kamis (11/5/2023). 

Diungkapkan Ganjar, BPD sendiri tidak akan bisa leluasa bergerak atau berinovasi jika kemudian dibatasi. Dalam hal ini dibatasi oleh para pemegang saham yang ada.

"Tapi memang BPD itu tidak akan bisa lincah kalau kemudian talinya diiket, siapa yang ngiket? Pemegang saham. Kalau pemegang saham, kayak saya ngiket harus begini begitu diintervensi terlalu banyak secara teknis maka dia enggak akan maju," terangnya.

Oleh sebab itu, menurutnya semua harus bisa berjalan berdampingan dan seiring. Untuk kemudian mengelola kelangsungan GCG semakin baik dari waktu ke waktu.

"Maka pengalaman sampai dengan 10 tahun saya mendampingi kawan-kawan yang mengelola itu, yang di luar kebijakan tidak boleh. Maka kemudian hal-hal yang sifatnya mengganggu kami turun tangan sendiri. Sehingga dengan cara itu CGC bisa berjalan," cetusnya.

Chairman Infobank Media Group yang juga Ketua Dewan Penilai, Eko B. Supriyanto mengatakan bahwa penghargaan kepada enam gubernur di Indonesia ini diberikan setelah dinilai telah secara independen mampu mendorong kebangkitan dan kelangsungan Good Corporate Governance (GCG). Termasuk transformasi digital bagi perusahaan daerah khususnya BPD.

"Tidak semua BPD menang, tidak semua gubernur akan dapat. Kami milih ini dengan riset yang didukung oleh riset Infobank dan The Asian Post institute," ujar Eko.

Penghargaan ini, kata Eko diberikan supaya dapat dijadikan contoh bagi kemajuan BPD-BPD di Indonesia. Sehingga dapat terus dengan tepat dan semakin baik menciptakan GCG.

Keenam gubernur peraih The Best Governor 2023 tersebut adalah Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwana X untuk The Best Governor 2023 in Human Building & CreateLeadership Within BPD; Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam kategori The Best Governor 2023 in Leading Sustainability, GCG, & Profesionalism for BPD; kemudian Gubernur Jawa Barat Ridwal Kamil sebagai The Best Governor 2023 in Supporting GCG & Profesionalism for BPD.

Selanjutnya ada Gubernur Bali I Wayan Koster untuk The Best Governor 2023 in Economic Turn Around by Maximizing BPD to Support SME Sector; lalu Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji sebagai The Best Governor in Financial Inclusion & Capitalized BPD; dan Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru sebagai The Best Governor in Visionary Performance Growth to BPD. 

Posting Komentar

0 Komentar