Definition List

header ads

Ganjar Minta Warga Agar Tak Terlalu Panik Soal Soal Gringsing yang Berpotensi Gempa: Nanti semua orang takut!!!!!


Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta masyarakat untuk tidak panik terkait temuan Patahan Gringsing yang berpotensi menimbulkan gempa. Hal itu disampaikannya usai memimpin Musrenbangwil Petanglong dan Bregasmalangdi Pendopo Bupati Batang, Rabu (15/3).

"(Warga) tidak perlu panik, nanti semua orang takut, tapi literasinya cukup dan cerdas menghadapi situasi ini," ujar Ganjar dalam keterangannya, Kamis (16/3/2023).

Sebagaimana diketahui, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menemukan adanya Patahan Gringsing pada awal Maret yang berpotensi menimbulkan gempa. Adapun Patahan Gringsing berada dalam area Patahan Weleri sepanjang 19 kilometer, melewati wilayah lautan dan daratan di sepanjang pantai Kabupaten Batang.

Sebanyak delapan desa di sejumlah kecamatan di Kabupaten Batang yang dilalui patahan berpotensi menimbulkan gempa. Untuk wilayah Kecamatan Gringsing, patahan melalui Desa Lebo, Desa Krengseng, Desa Ketanggan dan Desa Sawangan.

Terkait hal ini, Ganjar mengungkapkan letak geografis Indonesia memang berada di wilayah rawan bencana. Meski demikian, ia mengimbau agar masyarakat tak cemas dengan kondisi tersebut dan adanya ancaman gempa.

"Penjelasan yang diberikan bukan untuk menakut-nakuti, itu bagian dari mitigasi. Maka kalau kita berada di wilayah rawan bencana, konstruksinya mesti baik," jelasnya.

"Kalau itu daerah bahaya, jangan ada (tinggal) di situ. Terus formasi-formasi yang ada di muka bumi, kalau tidak harus diubah, jangan diubah. Biasanya pengendalian tanah," sambung Ganjar.

Ganjar mengatakan saat ini pihaknya juga tengah melakukan upaya mitigasi, antara lain pemasangan peralatan jaringan pemantauan gempa di Kecamatan Gringsing dan Paninggaran Pekalongan. Upaya ini bertujuan untuk memantau sesar-sesar di darat wilayah Jawa Tengah

Ganjar juga melakukan edukasi warga sehingga mereka dapat memahami upaya yang harus dilakukan, baik sebelum gempa, pada saat gempa dan pasca gempa, hingga mempersiapkan jalur-jalur evakuasi.


Posting Komentar

0 Komentar