Definition List

header ads

Ganjar Patut Diapresiasi!!! Ketika Covid-19 Tahun 2020, Jawa Tengah Dinobatkan Kemendagri sebagai Juara I Inovasi Daerah Dalam Tatanan Normal Baru.


Kementerian Dalam Negeri menobatkan Jawa Tengah sebagai Juara I Inovasi Daerah Dalam Tatanan Normal Baru. Penghargaan tersebut disampaikan pada 22 Juni 2020 lalu.

Jateng unggul di Sektor Tempat Wisata Covid-19 dan Transportasi Umum klaster provinsi. Untuk Sektor Tempat Wisata, Jateng menyisihkan Jawa Timur dan Sulawesi Selatan masing-masing di tempat kedua dan ketiga.

Sementara untuk klaster kota, Semarang yang adalah ibukota Jawa Tengah meraih juara satu menyisihkan Bogor di urutan kedua dan Pare-Pare di posisi ketiga. Di Sektor Transportasi Umum Covid-19, Jawa Tengah menempati juara 1 mengalahkan Bali dan Kalimantan Tengah di posisi dua dan tiga.

Jateng dinilai berhasil menata alur penumpang kereta dan pesawat di Stasiun Tawang dan Bandara Internasional Ahmad Yani. Jateng juga menjadi juara 3 di sektor Pelayanan Terpadu Satu Pintu setelah Sulawesi Tengah dan Kalimantan Utara.

Penghargaan tersebut adalah bentuk apresiasi dari pemerintah pusat kepada daerah-daerah. Sebab Indonesia ketika itu memasuki era tak biasa, pandemi Covid-19. Aktivitas masyarakat di luar rumah dibatasi. Jika pun terpaksa beraktivitas di luar, harus menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus corona. 

Sebagian perkantoran tak boleh beroperasi dan orang-orang terpaksa harus bekerja dari rumah. Dalam kondisi seperti itu, Jawa Tengah di bawah kepemimpinan Ganjar Pranowo tetap berupaya memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat, tentu disertai penyesuaian di sana-sini sebagai tatanan kebiasaan baru atau normal baru.

Penilaiannya berdasarkan inovasi yang dilakukan pemerintah daerah di level provinsi, kabupaten dan kota dalam menekan penularan virus corona. Panduan besarnya mengikuti protokol kesehatan di awal Covid-19 seperti jaga jarak, sarana cuci tangan, pakai masker, adanya pos pelayanan kesehatan jika terjadi situasi darurat, dan lainnya.

Saat penyerahan hadiah, Mendagri Tito Karnavian berharap lomba ini jadi contoh untuk pemerintah dalam menerapkan tatanan normal baru. 

Posting Komentar

0 Komentar