Definition List

header ads

Kalian Harus Paham!!! KPU adalah Independen, Jika KPU-nya Nggak Benar Jangan Nuduh Pemerintah.


Menko Polhukam Mahfud Md mengatakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) adalah lembaga independen dan anggotanya dipilih oleh DPR. Mahfud menyebut jika KPU melakukan kesalahan harusnya tidak menuduh pemerintah.

Hal itu disampaikan Mahfud saat menjadi keynote speaker di Sidang Senat Terbuka dalam rangka perayaan Dies Natalis ke-25 Universitas Paramadina. Mahfud awalnya berbicara mengenai kemajuan dan kemunduran demokrasi di Indonesia.

"Mari kita kalau mau jujur demokrasi itu selain masalah-masalahnya yang banyak tadi, juga banyak kemajuan. Sesudah era reformasi, yang pertama misalnya kita bisa memilih pemimpin sendiri sekarang ini. Mau memilih gubernur kek, presiden kek, bupati kek, sekarang kita bisa milih. Dulu tidak bisa, mau milih presiden nggak bisa, sudah ada calon presidennya lima tahun sebelum pemilu," kata Mahfud dalam siaran virtual di acara Dies Natalis ke-25 Universitas Paramadina, Selasa (10/1/2023).

Mahfud mengatakan kebebasan seseorang untuk mencalonkan diri sebagai kepala daerah juga merupakan bentuk kemajuan demokrasi. Dia menyebut hal itu tak bisa dilakukan sebelum masa reformasi.

"Sekarang orang mencalonkan diri boleh, mencalonkan lewat partai boleh, mencalonkan orang lain boleh dan tidak ada yang menghalangi. Ini satu kemajuan, gubernur, bupati juga begitu. Mau jadi anggota DPR, boleh, dipilih oleh rakyat. Tidak ada screening sekarang ini. Ini satu kemajuan dari demokrasi," ujarnya.

Dia menyebut keberhasilan Indonesia dalam membangun demokrasi telah diakui secara internasional. Menurutnya, kemajuan itu juga ikut berdampak pada kemajuan mobilitas sosial.

"Dan pemilunya selalu berhasil, ini kesaksian dunia internasional bahwa Indonesia ini negara demokrasi terbesar yang paling berhasil membangun demokrasi secara lebih baik dibandingkan dengan negara-negara lain. Ada keributan tetapi bisa diselesaikan. Itu kemajuan demokrasi kita," ucapnya.

"Sekarang karena demokrasi ini maka mobilitas sosial menjadi naik secara vertikal. Banyak orang menjadi lebih maju, orang-orang yang tadinya harus terbelakang, didiskriminasi oleh kebijakan sekarang boleh bersaing. Sehingga banyak orang-orang yang tadinya termasuk kaum marjinal sekarang naik. Ya kita semua ini bisa sekolah lah, bisa menjadi apa, Saudara Umam itu bisa sekolah ke Australia misalnya. Dan seterusnya. Itu kan bagian dari kemajuan demokrasi," sambungnya.

Mahfud mengatakan pemilu sekarang juga jauh lebih baik dibanding pemilu sebelumnya. Dia menyebut hal itu juga dikarenakan lembaga pemilu yaitu KPU yang bersifat independen. Oleh karena itu, Mahfud menilai jika KPU melakukan kesalahan, maka harusnya jangan menuduh pemerintah.

"Kemudian, saudara, pemilu sekarang jauh lebih baik dari pemilu dulu. Kenapa? Karena kalau dulu pemilu itu dilakukan oleh lembaga pemilu yang dipimpin oleh Mendagri. Dulu namanya Lembaga Pemilihan Umum, sekarang namanya KPU, Komisi Pemilihan Umum yang dipilih oleh DPR, independen. Kalau KPU-nya ndak bener itu jangan nuduh pemerintah. Kalau dulu LPU ndak bener ya pemerintah ndak bener, itu dulu. Sekarang KPU itu bebas, DPR sendiri kok yang milih, parpol sendiri kok yang milih," kata Mahfud.

Posting Komentar

0 Komentar