Definition List

header ads

Pemerintah Berupaya Pulihkan Hak Korban Pelanggaran HAM Berat Secara Adil dan Bijaksana


Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pemulihan hak korban pelanggaran hak asasi manusia (HAM) berat tak mengabaikan proses yudisial (hukum). 

Menurut Jokowi, pemerintah akan berusaha memulihkan hak para korban secara adil dan bijaksana. 

“Saya dan pemerintah berusaha untuk memulihkan hak-hak para korban secara adil dan bijaksana, tanpa menegasikan penyelesaian yudisial,” ujar Jokowi di Istana Negara, Rabu (11/1/2023). 

Selain itu, Jokowi mengatakan, pemerintah akan berupaya dengan sungguh-sungguh untuk mencegah terjadinya pelanggaran HAM yang berat pada masa yang akan datang.

Presiden juga menginstruksikan kepada Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD untuk mengawal hal tersebut. 

“Saya minta kepada Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Menkopolhukam untuk mengawal upaya-upaya konkret pemerintah agar dua hal tersebut bisa terlaksana dengan baik,” kata Jokowi. 

Kepala Negara juga berharap upaya pemerintah tersebut dapat menjadi langkah berarti dalam pemulihan luka sesama anak bangsa. 

“Semoga upaya ini menjadi langkah berarti bagi pemulihan luka sesama anak bangsa guna memperkuat kerukunan nasional dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar Jokowi.

Posting Komentar

0 Komentar