Definition List

header ads

Jokowi: Hati-hati!!! 16 Negara Sudah Jadi Pasien IMF Karena Ekonominya Ambruk.


Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja mendapatkan kabar buruk dari Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Hal ini berkaitan dengan situasi dunia, di mana sebanyak 16 negara sudah resmi menjadi pasien Dana Moneter Internasional (IMF).

"Tahun ini baru saja tadi pagi saya telepon Menkeu, berapa jadi pasien IMF per hari ini 16 negara sudah menjadi pasien IMF," ungkap Jokowi dalam Perayaan Hari Ulang Tahun PDI Perjuangan yang ke-50, Selasa (10/1/2023).

Situasi tersebut disebabkan oleh berbagai faktor pada 2022 yang berlangsung sekaligus. Pandemi covid-19 yang tidak sepenuhnya selesai, bahkan melonjak di beberapa negara. China adalah salah satunya.

Rantai pasok menjadi permasalahan ketika beberapa negara mulai membuka aktivitas dan mendorong terjadinya peningkatan permintaan. Pasokan yang tidak mencukupi menjadikan inflasi tinggi.

Situasi semakin buruk ketika perang Rusia dan Ukraina meletus. Krisis energi dan pangan terjadi di banyak negara. Pada kesempatan yang sama negara maju seperti Amerika Serikat (AS) menaikkan suku bunga acuan dengan agresif yang menimbulkan gejolak di pasar keuangan.

Negara dengan kekuatan fiskal yang terbatas terpaksa menghadapi beban yang berat.

"Karena ambruk ekonominya dan 36 negara antre di depan pintunya IMF karena sudah tidak memiliki kekuatan ekonomi di dalam negerinya," ujarnya.

"Apa yang harus saya sampaikan, ya kita semuanya harus hati hati kita semua kerja lebih keras lagi, meskipun kita tumbuh baik di tahun 2022 tapi hati hati" tegas Jokowi

Posting Komentar

0 Komentar