Definition List

header ads

Ganjar Salurkan Bantuan Rp 196 M untuk Genjot Kesejahteraan di Grobogan


Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menyerahkan bantuan keuangan sebesar Rp 196,7 miliar kepada Pemerintah Kabupaten Grobogan dan berbagai kelompok lapisan masyarakat. Bantuan tersebut diberikan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Grobogan.

Bantuan akan disalurkan melalui 12 dinas dan instansi di bawah Pemprov Jateng seperti, Biro Bangda, Dispermades, Disperakim, Disporapar, Dinas ESDM, Dinas Sosial, Biro Kesra, Dinas LH dan Kehutanan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Disnakeswan, Bank Jateng, dan Badan Kesbangpol. Hal tersebut diungkapkan olehnya saat menyerahkan bantuan secara langsung di Taman Hijau Kota, Kabupaten Grobogan, Jateng, hari ini.

Ganjar pun berpesan kepada dinas terkait untuk menyalurkan bantuan ini sebaik-baiknya. Hal itu juga perlu diimbangi dengan memperketat pengawasan sehingga tidak ada yang dikorupsi.

"Reguler bantuan yang kita berikan mulai dikerjakan. Maka saya titipkan kepada mereka kualitasnya mesti bagus, ada yang mengawasi, dan tidak boleh ada yang dikorupsi," kata Ganjar dalam keterangan tertulis, Kamis (15/6/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Ganjar turut mengingatkan Pemkab Grobogan terkait potensi kekeringan dan krisis pangan yang disebabkan oleh pemanasan suhu muka laut di atas kondisi normal (El Nino). Ia meminta agar semua bergerak melakukan reboisasi dan penanaman sehingga potensi bencana itu tidak terjadi.

"Siapkan juga cadangan-cadangan pangan kita agar kemudian kita betul-betul siap melayani masyarakat karena kalau pasokannya berkurang biasanya harganya akan naik, inflasi akan tinggi," jelasnya.

Di samping itu, pihaknya akan menyiapkan skema-skema bantuan untuk mengatasi potensi dari dampak El Nino. Ganjar akan mendorong bantuan ini pada pembahasan APBD perubahan bersama DPRD.

"Saya ingatkan juga termasuk penyakit yang akan muncul termasuk kebakaran hutan. Ini agak complicated maka masing-masing sektor saya mintakan untuk betul-betul semua siaga penuh," ungkapnya.

Ia pun turut meminta agar perbankan membantu para petani kalau gagal panen terjadi.

"Bahkan tadi perbankan juga kita mintakan untuk perhatikan para petani karena kemungkinan gagal panen dan sebagainya. Skema kredit yang lebih mudah, yang lebih murah, itu perlu diantisipasi oleh mereka," tutupnya.


Posting Komentar

0 Komentar