Definition List

header ads

Ganjar Pranowo is The Game Changer!


Sosok Ganjar Pranowo dianggap bisa membuat PDIP berpeluang membentuk koalisi besar dalam menghadapi Pilpres 2024. Peneliti Pusat Kajian Politik Aisah Putri Budiatri menilai sosok Ganjar bisa menjadi magnet dan membuat partai politik (parpol) lain merapat ke PDIP.

"Jika PDIP mengumumkan capresnya sebelum koalisi besar ini benar-benar terbentuk, maka PDIP akan menjadi game changer dalam proses lobi-lobi politik antarpartai," kata Aisah melalui keterangan tertulisnya, Rabu (19/4/2023).

Ketika PDIP mengumumkan capres, Aisah menilai hal tersebut akan membuat partai lain memikirkan ulang strategi politik menjelang pilpres.

Aisah mengatakan bahwa PDIP pun bakal menjadi arus perubahan peta politik dan membuat parpol lain merapat. Khususnya parpol yang belum tergabung koalisi.

"Mereka (parpol) akan melihat potensi menang, potensi mencalonkan wapres dan lainnya," ujarnya.

Aisah menuturkan salah satu alasan PDIP dan Ganjar menjadi game changer politik karena memiliki elektabilitas paling tinggi.

"Hal ini dipengaruhi juga oleh konsistensi popularitas dan sentimen positif publik pada PDIP termasuk Ganjar sebagai capres partai ini paling populer," terangnya.

Sebagaimana diketahui, elektabilitas Ganjar Pranowo dan PDIP masih berada di puncak dari berbagai hasil lembaga survei. Adapun untuk saat ini, menurut hasil survei SMRC, elektabilitas Ganjar kembali naik setelah sebelumnya menurun akibat menolak timnas Israel ikut bermain di Piala Dunia U-20.


Posting Komentar

0 Komentar