Definition List

header ads

Dukungan Partai Politik Terhadap Ganjar Pranowo Terus Bergulir!


Dukungan partai politik (parpol) terhadap calon presiden (Capres) Ganjar Pranowo terus bergulir. Teranyar, ada Partai Persatuan Pembangunan. Sebelumnya, ada Partai Hati Nurani Rakyat atau Hanura dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Tentunya, ada Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang mendeklarasikan Ganjar.

Lantas, apa alasan mereka mau mendukung Ganjar? Berikut rangkuman catatan Tempo terkait parpol yang sudah menyatakan dukungan terhadap Gubernur Jawa Tengah itu.

Jauh-jauh hari, PSI telah menyatakan dukungannya terhadap Ganjar sebagai capres 2024. Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie.

"Dari hasil rembuk rakyat itu kami mengumumkan bahwa Partai Solidaritas Indonesia akan mencalonkan Pak Ganjar Pranowo sebagai calon presiden PSI di tahun 2024," kata Grace pada Senin, 3 Oktober 2022.

Ia menjelaskan Ganjar sangat unggul dibandingkan kandidat lainnya. Bagi PSI Ganjar, adalah calon terbaik, karena memiliki visi kebangsaan dan kebhinekaan yang sama dengan perjuangan PSI.

Menurutnya, sebagai tokoh politik, Ganjar Pranowo dikenal sebagi orang yang merakyat dan mengerti aspirasi kaum muda.

"Cara Mas Ganjar memanfaatkan media sosial untuk menyampaikan pikiran dan apa yang ia kerjakan memperlihatkan bahwa Mas Ganjar ini sosok yang mengikuti perkembangan zaman dan memahami cara komunikasi anak muda." tegas Grace.

Hanura: Ganjar punya sederet modal

Hanura menyebut Ganjar memiliki peluang besar untuk memenangkan pemilihan presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Tak hanya itu, Ganjar juga disebut memiliki banyak modal agar terpilih menjadi presiden berikutnya.

Hal ini diungkap Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang Oesman. Oesman juga menilai politikus PDIP tersebut mewakili unsur mayoritas di masyarakat Indonesia. Misalnya saja, kata dia, Ganjar Pranowo berasal dari suku Jawa.

"Besar sekali, ya. Maaf ya, satu, dia orang Jawa. Kedua, memang suara itu adanya di Jawa, ya. Tapi kalau kita bicara soal begini kan nggak baik tapi itulah situasinya," kata Oesman pada Sabtu, 22 April 2023.

Selain itu, Oesman menyebut Ganjar Pranowo merupakan sosok representasi golongan nasionalis. Ia mengatakan hal tersebut akan membuatnya dapat menarik simpatik masyarakat karena menjadi sosok yang menyatukan bangsa.

"Kan dia punya kans yang paling menjanjikan karena nasionalis," ujar dia saat ditemui di rumahnya di Jakarta.

Oesman juga mengatakan Ganjar Pranowo juga merupakan sosok yang didukung oleh Presiden Jokowi. Atas pertimbangan itu pula, kata dia, Partai Hanura menjatuhkan hati memberikan dukungan capres kepada Ganjar Pranowo.

"Dalam ulang tahun Partai Hanura saya mengatakan di depan Presiden Jokowi bahwa saya akan menentukan sikap saya setelah bapak presiden memutuskan siapa yang dicalonkan oleh beliau," kata Oesman.

PPP: Ada sejumlah alasan

Teranyar ada PPP yang resmi mendeklarasikan dukungannya kepada Ganjar dalam rapat pimpinan nasional di Sleman Yogyakarta, pada Rabu, 26 April 2023 kemarin. Pelaksana Tugas Ketua Umum Muhammad Mardiono menuturkan ada sejumlah alasan PPP akhirnya memutuskan dukungannya kepada Ganjar Pranowo dalam pembahasan rapimnas yang digelar sejak Senin hingga Selasa, 24-25 April 2023.

"Kami ingin melanjutkan dukungan politik kepada Ganjar Pranowo setelah pada Pilkada 2018 di Jawa Tengah lalu mengusung beliau bersama Gus Taj Yasin," kata Mardiono.

Mardiono menambahkan, dukungan kepada Ganjar disertai harapan ingin mewujudkan politik amar maruf nahi munkar yang bisa diimplemantiaikan dalam tatanan pemerintahan negara dengan prinsip humanis-religius.

"PPP yakin seyakin-yakinnya Ganjar dengan kultur keluarga NU pasti memiliki visi hampir sama dengan PPP," kata Mardiono.

Mardiono menambahkan dukungan pada Ganjar juga dilatari kapasitas, integritas dan aseptabilitasnya sebagai pemimpin bangsa. "Itu didukung popularitas dan elektabolitas Ganjar dari berbagai lembaga survei yang terus menempatkannya di posisi teratas dibanding tokoh lain," kata Mardiono.

Namun yang tak kalah penting, dukungan PPP ini juga dilatari hubungan historis Ganjar dengan PPP. "Ganjar bagian tak terpisahkan PPP karena mertuanya almarhum Haji Ahmad Musadiq Supriyadi pernah menjabat ketua DPC PPP Purbalingga 4 periode dari 1973 hingga 1991," kata Mardiono.

Ayah Ganjar itu, kata Mardiono, selama 5 periode menjadi anggota dprd kabupaten dengan PPP dan 1 periode MPR RI juga dengan PPP. "Hingga sekarang, rumah mertua Ganjar juga masih dipakai sebagai kantor DPC PPP Purbalingga " kata Mardiono.

Selain itu, kakak ipar Ganjar, Nurul Hidayat masih menjabat sebagai Ketua DPC Purbalingga dan menjabat anggota fraksi PPP DPRD Jawa Tengah.

PDIP deklarasikan Ganjar

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP Megawati Soekarnoputri secara resmi memutuskan Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024. Pengusungan Capres oleh PDIP tersebut dilakukan di Istana Batu Tulis, Bogor dengan menyematkan kopiah Bung Karno kepada Ganjar Pranowo oleh Megawati Soekarnoputri.

"Pada jam 13.45, dengan mengucapkan bismillahirohmanirohim menetapkan saudara Ganjar Pranowo, sekarang adalah Gubernur Jawa Tengah sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya sebagai calon presiden Republik Indonesia dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan," ujar Megawati dalam pengumumannya, Jumat, 21 April 2023.

Posting Komentar

0 Komentar