Definition List

header ads

Harusnya Partai PAN Lakukan Komunikasi Terlebih Dahulu Sebelum Dukung Ganjar


Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI-P Hasto Kristiyanto mengatakan, belum ada komunikasi dari Partai Amanat Nasional (PAN) terkait dukungan terhadap Gubernur Jawa Tengah sekaligus kader PDI-P Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) 2024. Sejauh ini, kata Hasto, komunikasi hanya dilakukan di luar pencapresan.

"Ya, kalau komunikasi dilakukan untuk hal-hal lain, di luar hal yang terkait dengan pencalonan presiden dan wakil presiden," kata Hasto ditemui di Sekolah Partai PDI-P, Lenteng Agung, Jakarta, Kamis (2/3/2023).

Hasto mengungkapkan,dukungan PAN terhadap Ganjar menunjukkan masih banyak partai yang tidak percaya diri dalam melakukan kaderisasi internal. Menurutnya, hal ini merupakan bagian dari pergeseran demokrasi substansial ke demokrasi elektoral.

 Di sisi lain, Hasto melihat banyak motif sehingga partai politik mencalonkan tokoh kader yang bukan dari partainya sendiri. Ia mengungkapkan, salah satu motifnya adalah untuk mendongkrak elektoral partai. "Ada motif sebagai jalan pintas karena tidak melakukan kaderisasi di internal partai. Dan bagi PDI Perjuangan, itu menyentuh aspek etika politik," ujar Hasto.

 

Posting Komentar

0 Komentar