Definition List

header ads

Masyarakat Berpenghasilan Rendah Jangan Khawatir, Pemerintah Gelontorkan Rp175,36 Triliun dari APBN Agar Kalian Bisa Punya Rumah!!!


Pemerintah telah mengucurkan dana senilai Rp 175,36 triliun untuk memberikan akses rumah subsidi bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan bahwa dana tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sepanjang 2012 hingga 2022 atau selama 10 tahun.  

“Rumah layak adalah kebutuhan dasar manusia untuk dapat hidup bermartabat. Masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) menghadapi kesulitan memenuhi kebutuhan dasar,” kata Sri Mulyani melalui akun Instagram resmi @smindrawati pada Sabtu, 14 Januari 2023.

Anggaran tersebut digelontorkan kepada Kementerian Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), PT SMF (Sarana Multigriya Finansial), Bank BTN atau PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk., serta Perumnas (Perusahaan Umum Pebangunan Perumahan Nasional) yang mengambil peran dalam pembangunan rumah masyarakat.

Adapun sebanyak Rp 32,2 triliun anggaran yang diberikan kepada Kementerian PUPR telah digunakan untuk membangun atau memperbaiki 1,139 juta rumah. Kemudian, Rp 79,9 triliun untuk likuiditas pembiayaan 1, 169 juta rumah masyarakat berpendapatan rendah dan Rp 7,8 triliun untuk penanaman modal di PT SMF guna pembiayaan 421.650 unit rumah.

Pemerintah, Sri Mulyani melanjutkan, juga menambah modal BUMN Bank BTN senilai Rp 2,48 triliun dan Perumnas Rp 1,57 triliun, dengan harapan agar mampu memenuhi pembiayaan perumahan masyarakat.

“Pemerintah juga memberikan subsidi rumah dan bantuan uang muka untuk masyarakat berpendapatan rendah,” kata Sri Mulyani.

Lebih lanjut, Sri Mulyani berujar bahwa pembangunan perumahan juga memberikan dampak pengganda ekonomi luar biasa, menciptakan kesempatan kerja, dan mengangkat sektor UMKM. Dalam hal ini, APBN —yang bersumber dari pajak yang dibayarkan mayarakat— berperan sebagai alat untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Rakyat yang lemah dibantu, rakyat yang kuat membantu dengan membayar pajak. Inilah gotong royong untuk persatuan Indonesia yang maju, adil dan sejahtera. Dari kita untuk Indonesia,” pungkas Sri Mulyani.

Posting Komentar

0 Komentar