Definition List

header ads

Jokowi Sentil Bupati dan Gubernur: Bawahan Jangan Suka Bikin Laporan Asal Bapak Senang (ABS)!!!


Presiden Joko Widodo memerintahkan para kepala daerah untuk sering blusukan guna mengecek data dan fakta di masyarakat. Dia tak ingin kepala daerah keliru membuat kebijakan.

Jokowi mewanti-wanti kepala daerah tentang bawahan yang hanya melaporkan hal baik.

"Tolong bupati, wali kota, gubernur, sering-sering masuk pasar. Jangan sampai, sudah enggak musim lagi sekarang ini yang namanya bawahan ABS (asal bapak senang)," kata Jokowi dalam Rapat Koordinasi Nasional Kepala Daerah dan Forkopimda Tahun 2023 di Bogor, Selasa (17/1).

Jokowi mengaku tak suka jika ada bawahan yang hanya melapor keadaan baik saja. Dia lebih suka mengecek langsung keadaan di masyarakat.

Dia berpesan kepada kepala daerah untuk sering mengecek laporan Badan Pusat Statistik (BPS). Jokowi pun memerintahkan BPS untuk selalu memasok data kepada para kepala daerah.

"Jadi BPS di daerah informasikan angka-angka yang apa adanya kepada kepala daerah," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Jokowi mengumpulkan sekitar 4.545 orang pejabat. Jumlah itu termasuk 38 gubernur dan penjabat gubernur dan 514 bupati/wali kota.

Jokowi memberi sejumlah arahan untuk menyambut tahun 2023. Dia berharap pemerintah daerah bekerja keras untuk memulihkan perekonomian pascapandemi.

Dia juga meminta kepala daerah menjaga stabilitas politik dan keamanan. Menurut Jokowi, hal itu menjadi kunci pemulihan Indonesia menjelang Pemilu Serentak 2024.

Posting Komentar

0 Komentar