Definition List

header ads

Jokowi Takjub, PDB Daerah Ini Tumbuh 27%, Ternyata Tertinggi di Dunia!


Presiden Joko Widodo menilai pembangunan infrastruktur dan hilirisasi telah berdampak kepada perekonomian daerah di luar Pulau Jawa. Penilaian itu disampaikan Jokowi saat membuka Rapat Koordinasi Nasional Investasi Tahun 2022 di Jakarta, Rabu (30/11/2022).

"Maluku Utara hati-hati. Hati-hati saya peringatkan karena pertumbuhan ekonomi di Maluku Utara itu 27%, tertinggi di dunia itu gak ada di dunia mana pun pertumbuhan ekonomi sampai 27%," katanya.

Tidak hanya itu, Jokowi mengatakan kalau inflasi di sana pun terkendali, hanya 3,3%.

"Kenapa saya peringatkan? Supaya yang bener ini dipertahankan, ditingkatkan lebih baik lagi. Kalau saya puji-puji bisa kesenangan, nanti lupa tahu-tahu melorot jadi 5%," ujarnya.

"Hati-hati 27% itu gak ada di seluruh dunia yang bisa memiliki pertumbuhan ekonomi setinggi itu. Karena apa? di situ ada industri baru, di situ ada hilirisasi," lanjutnya.

Performa perekonomian itu pun berbanding lurus dengan tingkat kebahagiaan masyarakat.

"Ini sebagai contoh dan survei yang saya terima di seluruh provinsi, masyarakat yang mana yang paling bahagia juga di Maluku Utara. Pertumbuhan ekonomi 27% kalau gak bahagia ya kebangetan," kata Jokowi sembari tertawa.

"Tapi hati-hati saya peringatkan mempertahankan itu sulit, meningkatkan itu jauh lebih sulit. Tapi kalau nanti ada derivatif turunan yang bisa masuk ke industri Maluku ini akan meningkat lagi nilai tambahnya. Jadi sekali lagi saya peringatkan hati-hati."

Posting Komentar

0 Komentar